Path: TopTugas Akhir D3D3 Logistik Bisnis2016

USULAN PERBAIKAN TATA LETAK GUDANG PENYIMPANAN BARANG JADI DI PT PUTRI DAYA USAHATAMA DENGAN ANALISIS ABC, METODE ACTIVITY RELATIONSHIP CHART (ARC) DAN INDEKS EFISIENSI

Undergraduate Theses from #PUBLISHER# / 2017-09-06 04:21:42
Oleh : ELSIKA AZZURI LEGIANI (5133051), D3 Logistik Bisnis ([email protected])
Dibuat : 2016, dengan 5 file

Keyword : pergudangan, distribusi, Activity Relationship Chart

PT Putri Daya Usahatama adalah salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa pelayanan logistik dimana fokus pelayanannya yaitu dibidang pergudangan dan pendistribusian sampai ke konsumen. Perusahaan memiliki satu gudang penyimpanan dimana didalamnya masih sering terjadi penumpukkan produk serta peletakkan produk jadi tidak pada tempatnya. Ada beberapa area pada gudang yang memiliki tingkat pemanfaatan yang masih rendah sehingga keefektifan pemanfaatannya belum optimal. Hal ini dapat menghambat kinerja gudang serta pelayanannya kepada konsumen.

Analisis menggunakan analisis ABC untuk mengetahui barang mana yang harus lebih diprioritaskan dan metode Activity Relationship Chart (ARC) dipilih untuk mengetahui berapa ukuran dan kapasitas gudang serta alokasi tata letak didalam gudang sehingga akan didapatkan layout baru untuk gudang tersebut, selain itu juga dilakukan perhitungan menggunakan metode perhitungan Indeks Efisiensi untuk mengetahui seberapa besar efektifitas pemanfaatan gudang sebelum dan sesudah dilakukan proses Re-Layout.

Berdasarkan hasil pengolahan data, didapatkan layout usulan untuk gudang penyimpanan PT Putri Daya Usahatama dan didapatkan hasil analisis ABC dengan nilai persentase kumulatif barang yang lebih diprioritaskan adalah nilai persentase yang lebih rendah ada pada jenis barang Normal Noodles, Jumbo (SQN, NN & MTL) dan Popmie dengan kumulatif nilai total sebesar 29.77% , 71,21% dan 78,70% sedangkan persentase kumulatif jumlah barang sebesar 45,89% , 73,26% dan 89,37%. Dan perhitungan Indeks Efisiensi untuk Indeks pemanfaatan volume gudang sebesar 30 % dan untuk indeks ruang gang sebesar 21%. Hasil ini mempunyai hasil yang lebih besar jika dibandingkan dengan indeks efisiensi pada layout awal dimana indeks pemanfaatan volume gudangnya adalah 20 % sedangkan untuk indeks ruang gang adalah sebesar 18%. Hal ini menunjukkan bahwa pemanfaatan gudang pada layout usulan lebih baik daripada layout gudang awal, karena pada hasil perbandingan perhitungan indeks pemanfaatan menunjukkan bahwa pada layout usulan lebih besar nilai persentasenya jika dibandingkan dengan nilai indeks layout awal.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID Publisher
OrganisasiD3 Logistik Bisnis
Nama Kontak
Alamat
Kota
Daerah
Negara
Telepon
Fax
E-mail Administrator
E-mail CKO

Print ...

Kontributor...

  • Pembimbing: Achmad Andriyanto, ST., MT dan Made Irma Dwiputranti, ST., MT, Editor: [email protected]@#publisher#

Download...