Path: TopTugas Akhir D3D3 Logistik Bisnis2016

PERENCANAAN OPTIMALISASI WAKTU BAKU DAN PENJADWALAN PADA DIVISI ADIDAS EXPORT BILLING TEAM DI PT. KUEHNE NAGEL SIGMA TRANS

Undergraduate Theses from #PUBLISHER# / 2017-09-06 04:13:04
Oleh : ELMYARA RAHMA DEWI (5133020), D3 Logistik Bisnis ([email protected])
Dibuat : 2016, dengan 5 file

Keyword : Waktu Baku, Penjadwalan, Metode Time Study, Metode Hungarian

PT. KN Sigma merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang freight forwarding yang mengutamakan kepuasan pelanggan terhadap jasa yang diberikan. Faktor kepuasan pelanggan dapat dilihat dari kecepatan dan ketepatan perusahaan dalam mempersiapkan dan memberikan apa yang dibutuhkan oleh konsumennya. Efisiensi dan efektivitas pun dibutuhkan agar tercapainya kepuasan konsumen. Salah satunya yaitu dalam proses melakukan pengerjaan dokumen dari mulai pembuatan hingga pengiriman dokumen. Waktu yang sesuai untuk setiap kegiatan pun dibutuhkan agar pekerjaan yang lain tidak terbengkalai. Dalam penyelesaiannya, PT. KN Sigma Trans belum mengetahui berapa lama waktu yang seharusnya dibutuhkan dan penjadwalan yang optimal yang harus dikerjakan untuk menyelesaikan kegiatan yang ada di Adidas Export Billing Team.

Upaya yang dilakukan dalam mencari waktu baku yaitu dengan menggunakan metode Time Study untuk data-data yang diambil dari studi lapangan. Hasil dari pengukuran kerja dengan metode tersebut didapat waktu siklus dan waktu normal untuk mengerjakan satu pekerjaan tersebut. Setelah waktu waktu siklus dan waktu normal diketahui, maka dapat ditentukan waktu baku setiap elemen kegiatan. Setelah waktu baku ditentukan, maka dapat dilakukan penjadwalan dengan menggunakan metode Hungarian untuk data-data yang diambil dari penghitungan waktu baku. Hasil dari pengukuran penjadwalan tersebut yaitu manakah yang lebih efektif untuk dikerjakan oleh masing-masing karyawan yang ada di divisi Adidas Export Billing Team.

Waktu baku yang diperoleh untuk seluruh proses penyelesaian setiap dokumen dari pembuatan hingga pengiriman dokumen untuk masing-masing karyawan adalah sebesar 28.87 menit dan 27.08 menit, sehingga setelah proses penghitung dapat ditetntukan bahwa patokan atau ukuran untuk waktu baku seluruh kegiatan adalah 24.88 menit. Proses pembuatan penjadwalan untuk seluruh kegiatan yaitu setiap satu karyawan mengerjakan satu pekerjaan yang berbeda sehingga didapat efektivitas dalam bekerja. Karyawan A (pertama) mengerjakan pekerjaan II (Pouching Dokumen) dengan waktu 1.71 menit. Karyawan B (kedua) mengerjakan pekerjaan 1 (Pembuatan dan Penerbitan Invoice) dengan waktu 3.36 menit. Karyawan C (dummy) tidak mengerjakan pekerjaan III (Pengiriman Dokumen) karena tidak mempunyai nilai dengan waktu nol (0), namun pekerjaan III tetap harus dikerjakan dengan waktu 19.81 menit. Berkaitan dengan hal ini, konsep penjadwalan dapat dipahami dan diterapkan dengan baik.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID Publisher
OrganisasiD3 Logistik Bisnis
Nama Kontak
Alamat
Kota
Daerah
Negara
Telepon
Fax
E-mail Administrator
E-mail CKO

Print ...

Kontributor...

  • Pembimbing: Made Irma Dwiputranti, S.E., M.T. dan Edi Supardi, S.E., M.M., AAAIK, Editor: [email protected]@#publisher#

Download...