Path: TopTugas Akhir D3D3 Logistik Bisnis2016

ANALISIS PENENTUAN RUTE OPTIMAL KEGIATAN DISTRIBUSI BOGA GROUP KE SETIAP OUTLET WILAYAH JABOTABEK MENGGUNAKAN METODE ALGORITMA BRANCH & BOUND STUDI KASUS DI PT IRON BIRD

Undergraduate Theses from #PUBLISHER# / 2017-09-06 03:41:12
Oleh : ASEP NURDIANSYAH (5133041), D3 Logistik Bisnis ([email protected])
Dibuat : 2016, dengan 5 file

Keyword : Rute, Transportasi, Waktu Tempuh, Algoritma Branch and Bound

PT Iron Bird adalah perusahaan yang bergerak di bidang penyediaan jasa Transportasi. Barang yang akan diantarkan oleh PT Iron Bird harus sampai ketempat tujuan dengan tepat waktu atau tidak ada keterlambatan. Salah satu Proses kegiatan pendistribusian barang tersebut adalah kegiatan distribusi Boga Group. Dalam melakukan kegiatan distribusi Boga Group menggunakan 6 Unit truck CDE dan Unit CDE tersebut dijalankan oleh driver dari PT Iron Bird. Unit Boga Group tersebut harus melakukan distribusi barang ke seluruh Outlet dari anggota Boga Group yang ada di Jabotabek. Tidak adanya rute pendistribusian yang tetap menyebabkan terjadinya beberapa keterlambatan saat melakukan kegiatan distribusi. Rute yang tidak tetap menyebabkan kendala saat proses unloading karena barang tidak tersusun sesuai urutan Outlet yang di tuju.

Melalui pendekatan metode Algoritma Branch and Bound, dapat ditentukan pengelompokan rute dan bisa mengetahui rute mana yang harus dilalui dahulu. Algoritma Branch and Bound merupakan metode pencarian di dalam ruang solusi secara sistematis. Algoritma Branch and Bound ini dapat memberikan solusi optimal pada masalah TSP (Travelling Salesman Problem), termasuk pada pemilihan rute perjalanan. Dengan mengetahui rute yang sudah ada dan data waktu pada setiap Outlet yang dituju, maka bisa dilakukan pengolahan data. Hasil dari pengolahan data dapat menghasilkan pengelompokan rute perjalanan yang harus dilalui dan mengoptimalkan waktu tempuh.

Berdasarkan hasil pengolahan data, didapatkan beberapa rute yang dilalui dengan waktu tempuh yang optimal untuk proses distribusi Boga Group. Rute dan waktu tempuh sebagai berikut, Untuk Unit 1 dalam 1 minggu memiliki 3 rute dengan waktu tempuh: 186, 276, dan 189 menit. Unit 2 dalam 1 minggu memiliki 3 rute dengan waktu tempuh 273, 302, dan 302 menit. Unit 3 dalam 1 minggu memiliki 3 rute dengan waktu tempuh 233, 234, dan 138 menit. Unit 4 dalam 1 minggu memiliki 4 rute dengan waktu tempuh 238, 297, 279, dan 312 menit. Unit 5 dalam 1 minggu memiliki 4 rute dengan waktu tempuh 312, 322, 395, dan 338 menit. Unit 6 dalam 1 minggu memiliki 2 rute dengan waktu tempuh 299 dan 280 menit. Dengan mengetahui rute optimal dapat menentukan waktu keberangkatan dan urutan penyusunan barang di dalam Unit.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID Publisher
OrganisasiD3 Logistik Bisnis
Nama Kontak
Alamat
Kota
Daerah
Negara
Telepon
Fax
E-mail Administrator
E-mail CKO

Print ...

Kontributor...

  • Pembimbing: Made Irma Dwiputranti, SE., MT dan Eduard Sondakh, SSi, MT, Editor: [email protected]@#publisher#

Download...