Path: TopTugas Akhir D3D3 Logistik Bisnis2016

USULAN PERBAIKAN TATA LETAK GUDANG BAHAN KEMAS PRODUK LIQUID OBH MRNGGUNAKAN METODE SHARED STORAGE DI PT COMBIPHAR

Undergraduate Theses from #PUBLISHER# / 2017-09-06 03:37:39
Oleh : ANGGUN KANIA ANWAR (5133046), D3 Logistik Bisnis ([email protected])
Dibuat : 2016, dengan 5 file

Keyword : Gudang, Perancangan Tata Letak, Metode Shared Storage

PT Combiphar merupakan perusahaan yang bergerak dalam industrI farmasi yang mempunyai berbagai jenis gudang dan salah satunya adalah gudang bahan kemas produk liquid OBH. Dalam penelitian yang dilakukan permasalahan yang dihadapi meliputi tata letak penyusunan dan penempatan material bahan kemas di gudang yang tidak teratur. Sehingga hal seperti ini menyebabkan ketidakefektifan jarak dan waktu dalam melakukan proses pergudangan. Kondisi lain juga terdapat penempatan material yang kurang tepat yaitu seharusnya material yang keluar-masuk lebih cepat ditempatkan di dekat pintu keluar.

Metode shared storage merupakan metode yang berprinsip FIFO (First In First Out) yaitu dalam perancangan tata letak gudang penyimpan material yang memiliki frekuensi lebih cepat masuk/keluar diposisikan dekat dengan pintu secara hati-hati agar memudahkan dalam melakukan proses pergudangan seperti proses penyimpanan maupun pengambilan material.

Setelah melakukan berbagai analisa dan perhitungan maka diketahui jarak tempuh yang dapat diefektifkan sebanyak 107 meter dengan total jarak tempuh awal sebanyak 219 dikurangi dengan total jarak tempuh pada tata letak gudang baru yaitu sebanyak 112 meter. Serta total waktu yang dihabiskan dalam melakukan proses pergudangan awal yaitu1 jam 15 menit18 detik dan saat ini menjadi 50 menit 52 detik.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID Publisher
OrganisasiD3 Logistik Bisnis
Nama Kontak
Alamat
Kota
Daerah
Negara
Telepon
Fax
E-mail Administrator
E-mail CKO

Print ...

Kontributor...

  • Pembimbing: Made Irma Dwiputranti, SE.,MT dan Hilman Setiadi, S.Pd.,SE.,MT, Editor: [email protected]@#publisher#

Download...