Path: TopTugas Akhir D3D3 Logistik Bisnis2016

PENERAPAN METODE RECTIFYING INSPECTION DALAM PROSES PENERIMAAN EXTRIN DI PT ESSENCEINDONESIA-INTERNATIONAL FLAVOURS AND FRAGRANCE (IFF)

Undergraduate Theses from #PUBLISHER# / 2017-09-06 03:35:38
Oleh : ANGGA MULYO (5133021), D3 Logistik Bisnis ([email protected])
Dibuat : 2016, dengan 5 file

Keyword : Metode Goods Inspection, Rectifying Inspection, dan Binomial Nomograph

PT Essence Indonesia-Flavour and Fragrance (IFF) didirikan pada tahun 1959 merupakan suatu perusahaan yang bergerak dibidang industri flavor dan fragrance yaitu memproduksi bahan – bahan makanan tambahan yang berhubungan dengan rasa dan aroma. Salah satu permasalahan yang terjadi di PT Essence Indonesia-Flavour and Fragrance (IFF) adalah permasalahan mengenai pemeriksaan barang, yaitu dalam pemeriksaan barang perusahaan hanya mengambil 40 Pcs bahan baku Dextrin yang datang. Jika dari 40 Pcs terdapat lebih dari 20 Pcs yang cacat, maka seluruh bahan baku itu akan dipulangkan ke vendor. Tetapi, apabila dari 40 Pcs bahan baku tidak lebih dari 20 Pcs yang cacat, maka sebaliknya, ada bahan baku yang cacat bisa lolos dalam pemeriksaan. Dalam bahan baku akan diterima. Adapun kelemahan dari teknik sampel ini yaitu, banyak nya bahan baku Dextrin yang datang hanya diambil 40 Pcs secara acak, disini akan terjadi kekeliruan yang seharusnya ada bahan baku yang tidak cacat akan di pulangkan atau sampling tersebut mungkin saja terjadi ada barang cacat yang masuk yang lolos dalam pemeriksaan, dan tidak diketahui atau tidak terukur berapa banyaknya barang cacat yang lolos dalam pemeriksaan. Dengan kata lain, perusahaan tidak mengetahui berapa persen bahan baku cacat yang diproduksi.

Melalui penerapan Rectifying Inspection dan Binomial Nomograph ini dapat menentukan ukuran sample yang lebih kecil dan proses sampling menjadi lebih cepat tanpa mengurangi kualitas sampling. Hasil penelitian tersebut dapat dijadikan acuan dalam menetapkan strategi pada perushaan.

Berdasarkan hasil perhitungan, PT Essence Indonesia-International Flavour and Fragrance (IFF) dapat menghemat waktu dengan cara penerapan Rectifying Inspection. Sebelum menggunakan Rectifying Inspection perusahaan menggunakan metode single sampling dengan cara mengambil sampel sebanyak 40 Pcs dan apabila lebih dari 20 Pcs yang jelek, seluruh barang itu akan di reject. Setelah merancang single sampling plan yang baru dan menerapkan Rectifying Inspection, perusahaan dapat menghemat waktu sampel dan dapat mengukur barang cacat yang di produksi, dimana sebelumnya tidak terukur.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID Publisher
OrganisasiD3 Logistik Bisnis
Nama Kontak
Alamat
Kota
Daerah
Negara
Telepon
Fax
E-mail Administrator
E-mail CKO

Print ...

Kontributor...

  • Pembimbing: Eduard Sondakh, S.Si.,MT dan Liane Okdinawati, ST.,MT, Editor: [email protected]@#publisher#

Download...